Jumat, 01 Juni 2012

Doa-doa yang dibaca ketika kita berwudhu

Doa yang suka terlupa saat kita wudhu. Walaupun tidak membatalkan wudhu sunahkan untuk membaca doa-doa dibawah ini. Terdapat beberapa fadilah dari doa-doa tersebut.

Doa Membasuh Telapak Tangan 

” Allahummahfathz yadayya min ma’aathika kullihaa “ 

[Ya Allah, peliharakanlah tanganku dari segala berbuat maksiat kepada-Mu] 

Doa Berkumur-kumur 


” Allahumma ainnii ‘ala zikrika wa tsyukrika “ 


[ Ya Allah, tolonglah aku, supaya aku tetap berzikir
 mengingat Engkau dan bersyukur ] 

Doa Menghirup Air Ke Hidung 


” Allahumma arihnii rooihal jannati “ 


[ Ya Allah, ciumkanlah oleh-Mu untukku akan wangi-wangian syurga ] 

Doa Membasuh Muka 
Basuhan pertama membaca niat wudhu yaitu :

" Nawaitul wudu’a liraf’il hadasil asgari farda lillahi ta’ala "

[ Aku niat berwudhu untuk menghilangkan hadas kecil fardu karena Allah Ta'ala ]

Selanjutnya untuk basuhan kedua membaca doa dibawah ini :


” Allahummabayyithwajhii yauma tabyastsu wujuuhi wa taswaddu wujuuhi “ 


[ Ya Allah, putihkanlah wajahku pada hari diputihkannya wajah manusia dan 
dihitamkan wajah setengahnya ] 

Doa Membasuh Tangan Kanan 


” Allahumma’thibii kitaabii biyamiinii wa hisaabayyasiiron “ 


[ Ya Tuhan, berikanlah (kelak) suratan amalku pada tangan kananku, 
dan beri hisablah ia dengan penghisaban yang sedikit ] 

Doa Membasuh Tangan Kiri 

” Allahumma laa ta’thibii kitaabii bi tsyimaalii wa laa min warooa tzohrii “ 

[ Ya Allah, janganlah Engkau berikan suratan amalku pada tangan kiriku 

dan jangan dari belakangku ] 

Doa Membasuh Kepala 


” Allahumma harrim tsya’rii wa batyarii ‘alannaari “ 


[ Ya Allah, jauhkanlah rambut dan kulit badanku dari api neraka ] 

Doa Membasuh ke-2 Telinga 


” Allahummaj’alnii minallatziina yastami’uunal qoula fayattab’uuna ahsanahu “ 


[ Ya Allah, jadikanlah aku seperti mereka yang mendengar kata-kata yang baik, 
dan mengikuti akan mereka yang sebaik-baiknya ] 

Doa Membasuh Kaki Kanan 

" Allahumma tsabbut qodamayya 'alashirathilmustaqimi "

[ Ya Allah! Tetapkanlah kedua kakiku di atas titian yang lurus. ]

Doa Membasuh Kaki Kiri 

"Allahumma laa tadzila qadamayya alashirathilmustaqimi"

[ Ya Allah! Janganlah Kau jatuhkan kaki kami di atas titian yang lurus ]

Doa Setelah Wudhu 

"Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu la syarika lahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu warasuluhu. Allahummaj’alni minat tawwabina, waj’alni minal mutatahhirina waj’alni min ‘ibadikas-salihina"

[ Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa dan tiada sekutu bagiNya. 
Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya. Ya Allah, 
jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertobat dan jadikanlah 
aku termasuk orang-orang yang bersuci. 
Maha Suci Engkau ya Allah, aku memuji kepadaMu. 
Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Engkau, aku minta ampun dan 
bertobat kepadaMu ]


wallahu'alam

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Photobucket
Ad